Simpan Foto Online di Akun Google

Smartphone Android terbaru saat ini memang sudah dilengkapi dengan kapasitas memori internal yang besar yakni 64GB bahkan 128GB, berbeda dengan beberapa tahun lalu dimana hp Android hanya memiliki ruang penyimpanan sebesar 16GB bahkan cuma 8GB. Namun demikian meski memori internal semakin besar, ternyata malah lebih boros terutama oleh mereka yang sering foto selfie, karena ukuran file foto yang dihasilkan juga memiliki ukuran yang super jumbo alias besar.

Menyimpan koleksi foto secara di hp Android baik di memori internal ataupun SD Card memang lebih mudah dan praktis juga bisa diakses kapan saja, namun kamu harus bersiap kehilangan semua koleksi foto tersebut apabila tiba-tiba SD Card error atau hp Android kamu mendadak tidak bisa nyala atau mengalami bootloop yang mengharuskan dilakukan proses format ulang ke setelan pabrik yang sudah tentu akan berakibat semua foto yang tersimpan terhapus dan tidak bisa dikembalikan.

Melakukan proses backup foto online ke akun Google bisa menjadi solusi terbaik agar foto selfie hasil dari kamera di hp Android bisa tersimpan dengan aman di penyimpanan online. Sebenarnya kita juga bisa simpan foto secara online di media sosial seperti Instagram atau Facebook, namun opsi ini membutuhkan kerja ekstra, tidak semudah saat kita menyimpannya di Google Foto.

Dari sisi privasi pun, menyimpan foto di medsos membuat kita harus selalu menyetel privasi dari berbagai foto yang akan kita unggah, sebab tentunya tidak semua yang ingin kita simpan bisa dilihat oleh orang lain. Berikut ini adalah cara simpan foto online di Google.

Pertama, masuk ke aplikasi Google Foto yang ada di hp Android kamu. Bila di handphone kamu belum ada aplikasinya, kamu bisa langsung unduh dan install Google Foto dari Google Play Store. Tap pada menu di bagian kiri atas lalu pilih Setelan – Backup dan Sinkronisasi untuk mengaktifkan foto simpan online secara otomatis ke akun Google kamu.

cara backup foto online di akun google

Agar nantinya foto yang ada galeri foto atau hasil dari kamera secara otomatis di simpan ke akun Google maka aktifkan opsi Backup dan Sinkronisi. Selain itu juga kamu bisa memiliki folder lain berisi foto yang ada di memori internal atau SD Card agar bisa otomatis di backup ke akun Google.

menyimpan foto online di google

Bila kamu telah mengaktifkan opsi backup dan sinkronisasi namun kemudian muncul error menunggu jaringan Wifi, solusinya cukup mudah yakni aktifkan data seluler untuk proses backup foto online di Google.

cara mudah simpan foto online di android

Kini, kamu tidak usah khawatir lagi bila hp Android mengalami error, bootloop ataupun hilang karena koleksi foto kamu akan tetap aman tersimpan secara online di akun Google. Begitu juga saat kamu akan mengganti ke hp baru, maka cukup dengan login memakan akun Google yang sama seperti yang digunakan di handphone lama, maka nantinya koleksi foto akan otomatis berpindah ke hp Android baru, tanpa perlu lagi bantuan pc atau komputer.

Leave a Comment