Kenapa Aplikasi iOS Lebih Besar dari Android

Untuk kamu yang baru beralih dari Android ke iOS yakni menggunakan iPhone Xs Max terbaru, saat akan menginstall sebuah aplikasi dari App Store akan sedikit kaget karena ternyata ukuran aplikasinya lebih besar dibandingkan yang ada di Android, tak tanggung-tanggung ukurannya bisa 3 sampai 5 kali lebih besar. Tak mengherankan bila kemudian, kuota internet kamu akan cepat habis hanya sekedar untuk mengunduh beberapa aplikasi penting yang sebelumnya sering dipakai di Android seperti WhatsApp, Facebook dan Instagram.

Sebagai contoh, aplikasi WhatsApp yang di Android hanya berukuran sekitar 30MB lebih dikit, ternyata saat kita akan menginstalnya di iPhone ukurannya hampir 90MB, itu berarti hampir 3 kali lipat lebih besar. Padahal apabila kita melihat dari sisi menu dan fitur, baik WA untuk Android atau iPhone tidaklah jauh berbeda bahkan tidak ada perbedaan sama sekali. Semua menu dan fitur sama yang berbeda mungkin cuma tata letak saja, tapi kenapa aplikasi iOS ukurannya lebih besar dari Android?

kenapa ukuran aplikasi di ios lebih besar dibandingkan android

Perbedaan sistem operasi yakni iOS dan Android tentu akan mengarah kepada perbedaan cara sebuah aplikasi berinteraksi dengan OS tersebut. Di sistem operasi A boleh jadi sebuah aplikasi membutuhkan berbagai macam library dan runtime library agar nantinya bisa berjalan dengan sempurna, disisi lain aplikasi di sistem operasi B lebih fleksibel dan tidak terlalu membutuhkan berbagai macam library. 

Seperti kita ketahui, berbeda dengan Android yang menggunakan satu set aset entah itu gambar, ikon, tombol dan komponen lainnya dalam proses pembuatan aplikasi, di sebuah aplikasi iOS ternyata memakai banyak versi aset dengan tujuan agar aplikasi tersebut bisa berjalan dengan sempurna di berbagai ukuran layar yang berbeda mulai dari iPhone berlayar kecil seperti iPhone 5S sampai iPhone terbaru dengan layar jumbo dan juga iPad. Maka tak mengherankan bila kemudian ukuran file aplikasipun menjadi lebih besar.

Sebagian besar aplikasi yang populer di iOS terdiri dari beberapa komponen atau kerangka kerja yang dikembangkan oleh satu atau beberapa tim maka bisa saja terjadi pengulangan komponen dan fungsionalitas ketika dikompilasikan menjadi sebuah aplikasi, maka tak mengherankan bila kemudian terjadi peningkatan ukuran file aplikasi yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Saat ini, banyak aplikasi di iOS yang dibuat dengan menggunakan  Swift yang merupakan bahasa pemrograman buatan Apple tahun 2014. Persyaratan membuat aplikasi memakai Swift juga disinyalir menjadi penyebab kenapa ukuran aplikasi menjadi lebih besar, karena untuk berhasil membuat sebuah aplikasi iOS saat menggunakan Swift, developer diharuskan memasukan berbagai macam library dan runtime library.

Namun jangan salah, meski berukuran lebih besar dibandingkan dengan aplikasi Android, tak bisa dipungkiri lagi bahwa aplikasi yang berjalan di iOS lebih stabil dan nyaman digunakan. Selain itu, bahkan ada beberapa aplikasi di iOS yang memiliki fitur lebih lengkap dibandingkan dengan versi Android, ini bisa terjadi karena fitur tersebut hanya bisa berjalan dengan baik di iOS sedangkan bila dijalankan di Android justru sistem operasi atau hardwarenya tidak mendukung.

Leave a Comment