0

Pengertian Penyimpanan Online Terbaik di Android dan iPhone

Smartphone terbaru saat ini memang sudah dilengkapi dengan kapasitas memori internal yang besar yakni rata-rata 32GB dan bahkan kini mulai beralih ke 64GB dan 128GB. Namun seiring dengan semakin besarnya ukuran foto yang dihasilkan oleh kamera ponsel dan juga berbagai macam aplikasi terutama game yang ukurannya sudah menyamai game PC tak mengherankan bila kemudian meski dibekali memori internal besar, akhirnya pengguna tetap saja mengalami masalah yakni kehabisan memori internal.

Untuk smartphone yang dilengkapi dengan slot micro SD, tentunya untuk mengatasi masalah kehabisan memori internal yakni dengan menggunakan kartu SD Eksternal yang saat ini tersedia dalam berbagai macam ukuran mulai dari 8GB, 16GB dan bahkan ada yang 256GB sampai 512GB. Namun untuk mereka yang memiliki smartphone tanpa dilengkapi dengan slot memori eksternal seperti iPhone atau beberapa merk hp Android lainnya, tentunya menjadi masalah tersendiri bila memori internal hampir penuh karena tidak bisa memilih opsi memakai kartu SD untuk menambah kapasitas memori.

Solusi termudah mengatasi masalah memori internal penuh khusus untuk ponsel yang tidak dilengkapi dengan slot sd card adalah memilih opsi penyimpanan online. Bagi pengguna pemula smartphone tentu pernah bertanya apa pengertian penyimpanan onlinetersebut? Apakah fungsinya sama dengan sd card? 

Pengertian Penyimpanan online secara sederhana adalah menyimpan berbagai data dan file di server secara online agar nantinya bisa mudah diakses dimanapun dan kapanpun menggunakan koneksi internet. Perlu diingat sebelum memilih opsi penyimpanan online, pastikan diingat terlebih dahulu bahwa opsi ini membutuhkan koneksi internet saat kamu akan mengakses berbagai macam yang sudah di unggah ke media penyimpanan online. Bila tanpa koneksi internet maka kita tidak bisa mengakses atau membuka file yang tersimpan tersebut. Jadi, media penyimpanan online sangat cocok digunakan oleh kamu yang selalu terkoneksi ke internet di smartphonenya.

Lalu apa penyimpanan online terbaik untuk Android dan iPhone? Berbicara tentang yang terbaik, sebenarnya sangatlah sulit karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Ada yang dari sisi kapasitas cukup besar namun kelebihannya akses sangat lembat sehingga cukup mengganggu kenyamanan kita saat akan mengakses file tersebut. Sebaliknya, ada juga yang aksesnya cukup cepat tapi kapasitas kecil dan harga langganannya lumayan mahal. 

Pengguna iPhone, pilihan terbaik untuk penyimpanan online tentu saja iCloud karena layanan ini sudah terintegrasi dengan berbagai macam fitur dan menu di iPhone sehingga akan memudahkan kamu untuk menyimpan berbagai file dan foto secara online bahkan backup WhatsApp pun bisa disimpan di iCloud sehingga memudahkan kita melakukan restore saat akan mengganti ke iPhone baru. Untuk penyimpanan besar iCloud kita diberi kapasitas sebesar 5GB, tentu saja kita bisa menambah kapasitasnya dengan memilih opsi berlangganan.

Pengertian Penyimpanan Online terbaik di Android dan iPhone

Sedangkan untuk kamu pengguna setia smartphone Android, penyimpanan online terbaik adalah Google Drive karena seperti iCloud di iPhone, media penyimpanan Google Drive ini sudah terintegrasi dengan baik lewat berbagai macam menu dan fitur yang ada di sistem operasi Android. Hampir sama seperti iCloud, kapasitas bebas yang bisa kita manfaatkan adalah kurang lebih 15GB yang disertai dengan opsi berlangganan untuk menambah besarnya kapasitas penyimpanan online kita di Google Drive.

Penyimpanan online terbaik untuk Android

Selain iCloud, Google Drive ada banyak opsi penyimpanan online lain yang memilih kelebihan dan kekurangan masing-masing seperti Mega, DropBox, OneDrive, sampai NextCloud. Jangan khawatir, semua penyimpanan online tersebut bisa mudah diakses dimanapun dan kapanpun juga bahkan tanpa harus menggunakan aplikasi khusus cukup pakai Firefox, Chrome ataupun browser lain baik di hp ataupun laptop dan PC.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *