0

Kenapa Hp Android Harus Di Flash

Secara singkat dan sederhana arti flash Android adalah install ulang sistem operasi Android baik menggunakan stock atau custom rom sehingga nanti handphone tersebut kondisinya akan kembali seperti pertama kali kita membeli ponsel tersebut. Proses flash bisa dilakukan dengan bantuan PC ataupun secara langsung via stock recovery atau custom recovery seperti TWRP.

penyebab android harus di flash

Sebelum dilakukan proses flash Android sebaiknya backup terlebih dahulu semua data penting yang tersimpan di memori internal karena biasanya flashing Android ini akan wipe atau menghapus semua data di internal memori mulai dari phonebook, data aplikasi dan game sampai riwayat telepon dan sms yang pernah kamu terima. Proses backup sendiri bisa via PC atau dipindahkan langsung ke memori eksternal (SD Card), pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan.

Pertanyaan yang sering muncul adalah kenapa Android harus di flash?

Apakah handphone Android kamu selalu muncul dan keluar Iklan terus menerus tanpa disadari meski tidak sedang digunakan? Lebih parah lagi selain sering keluar iklan apakah hp Android kamu suka menginstall aplikasi sendiri? Yang sangat parah dan tidak bisa di tolerir adalah apakah Android selalu masuk ke menu recovery mode sehingga kamu kesulitan masuk ke menu utama Android?

Apabila kamu pernah atau sedang mengalami beberapa hal diatas, maka solusi terbaik untuk mengatasi semua itu adalah Android harus di flash ke stock rom. Proses flashing Android akan membuat sistem operasi Android (OS) di handphone kamu kembali fresh tanpa ada lagi masalah atau error yang disebabkan karena sistem corrupt atau oleh virus.

Jika sebelum di flash banyak file sistem yang sudah di modikasi tanpa izin oleh virus atau aplikasi lain sehingga sering menimbulkan masalah sistem telah berhenti, sampai kamu tidak bisa membuka menu pengaturan di Android, maka setelah dilakukan proses flash Android, semua file sistem yang rusak tersebut akan diganti dengan file baru alhasil nantinya kinerja Android kamu akan kembali normal tanpa muncul berbagai masalah seperti diatas tadi.

Kita ketahui bahwa saat proses flash Android ada dua pilihan firmware atau ROM yang bisa kamu pilih yakni stock rom resmi dari vendor hp yang kamu pakai atau bisa juga pakai custom rom yang banyak beredar. Menggunakan Stock ROM bisa menjadi alternatif pilihan terbaik, kenapa? karena firmware ini resmi dari vendor hp sehingga nanti kinerja sudah tak diragukan lagi karena dikembangkan khusus untuk hp tersebut. Berbeda dengan custom rom meski memiliki sederet fitur dan menu keren namun firmware atau rom ini belum sepenuhnya di optimasi untuk ponsel tersebut jadi bisa jadi masih ada bug atau error yang akan sering muncul saat dipergunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *