Apa Maksud Diverifikasi Play Protect

Dari sisi keamanan, pengguna iPhone dengan sistem operasi iOS memang bisa bangga karena jarang sekali virus dan malware yang menyerang iOS. Ketatnya proses verifikasi dari Apple untuk setiap aplikasi yang akan di listing di App Store, membuat keamanannya terjamin dari muncul berbagai aplikasi dan game yang berbahaya bagi penggunanya. 

Berbeda jauh dengan Android, dimana proses verifikasi di Google Play store tidak seketat di App Store, membuatnya banyak sekali aplikasi yang mirip, kloningan dan bahkan palsu yang bisa lolos dan akhirnya muncul di Playstore, alhasil tak jarang pengguna Android yang tiba-tiba handphonenya mengalami masalah sesaat setelah menginstall sebuah game atau apps dari Playstore.

Pernahkah kamu merasa kesal dan tidak nyaman karena tiba-tiba di hp Android sering muncul iklan? Yups, ada banyak ratusan bahkan ribuan orang yang pernah mengalami masalah seperti ini. Salah satu penyebabnya adalah karena adanya aplikasi yang mengandung virus dan malware, akibat ketidaktelitian kita saat menginstall sebuah aplikasi dan game baik dari sumber luar maupun di Playstore itu sendiri.

Seiring dengan semakin maraknya aplikasi dan game di Playstore yang membahayakan pengguna Android, maka salah satu upaya pencegahannya adalah dengan fitur Google Play Protect, yang kini sudah terintegrasi langsung dengan Playstore. Dengan fitur ini, maka kita tidak perlu khawatir lagi apakah sebuah aplikasi dan game mengandung malware atau tidak, karena nantinya Play Protect akan berusaha untuk melakukan proses verifikasi dan scanning seperti layaknya sebuah Antivirus.

apa itu google play protect

Saat akan menginstall sebuah aplikasi mungkin kamu pernah membaca bahwa aplikasi tersebut telah diverifikasi oleh Play Protect, maksudnya bahwa aplikasi ini benar-benar aman dan bisa diinstall di hp Android kamu. Namun apabila sebaliknya kamu menemukan sebuah aplikasi tidak lolos verifikasi dan bahkan muncul peringatan berbahaya dari Play Protect saat akan menginstall aplikasi tersebut, sebaiknya segera hentikan proses instalasi karena nantinya bisa membahayakan hp Android kamu.

Jelas sekali bukan, bahwa fungsi Play Protect hampir mirip dengan antivirus yang akan selalu menjaga keamanan hp Android kamu dari serangan virus dan malware yang menyebar lewat sebuah aplikasi. Adanya fitur Play Protect di Playstore membuat kita akan lebih hati-hati saat akan menginstall sebuah aplikasi dan game meskipun sumbernya secara langsung dari Playstore. Saat Play Protect mendeteksi sebuah aplikasi itu berbahaya, maka kita harus mengurungkan niat untuk install aplikasi tersebut di hp kita.

Keberadaan aplikasi kloningan atau Mod di satu sisi memang bisa memberikan kita berbagai macam fitur dan menu yang tidak ada di aplikasi versi resmi, namun jangan kaget bila kemudian sering muncul iklan di aplikasi tersebut bahkan yang lebih parah lagi jika aplikasi kloningan itu justru mengandung virus dan malware yang berbahaya. Karena itulah mengaktifkan fitur Google Play Protect akan membuat hp Android kamu terlindungi.

Leave a Comment